Selasa, 19 Mei 2009

BERILAH DIA SENYUM


Senyum adalah cara termurah untuk memberi apresiasi pada siswa kita. Lihatlah ekspresi wajah ibu Muslimah, manakala siswanya salah dalam memberikan jawaban pertanyaan yang dilontarkannya.
Bukan muka cemberut, muram apalagi ekspresi marah. Cemberut, muram, marah dan senyum adalah hal yang dengan mudah kita lakukan. Energi untuk melakukan ekspresi tersebut mungkin juga sama.
Tapi pernahkan kita berfikir bahwa dampak psikologis yang timbul pada siswa kita sangat jauh berbeda menaggapi ekspresi kita ?
Cemberut, apalagi marah akan memunculkan dampak psikologis yang luar biasa pada siswa. Rasa bersalah, tertekan, dan mungkin stress bisa terjadi pada siswa akibat cemberut dan amarah kita. Dampak paling besar adalah akan membunuh daya kreatifitas siswa. Siswa akan merasa ketakutan melakukan sesuatu karena takut sang guru marah padanya.
Senyum mempunyai daya magis yang luar biasa. Dengan senyum yang kita berikan pada siswa, mereka akan merasa dihargai, Mereka akan termotivasi. Senyum yang tulus kita berikan akan menjadikan motivasi kuat pada siswa, namun tertawaan. Tapi ingat senyum berbeda dengan tertawa. Jangan sekali-kali mentertawakan siswa, karena tertawa bisa diartikan sebagai ejekan.

2 komentar: